Rabu, 24 April 2013

Membuka situs yang diblokir provider menggunakan tool

Selain menggunakan DNS, webproxy dan proxy transparan untuk membuka situs yang diblok,, kita bisa menggunakan tool atau software tambahan. Tool ini berfungsi sebagai tunneling(terowongan) untuk bypass (melewati) proxy server yang diblok. Anda bisa mendownload tool ini secara gratis
    Saya akan menjelaskan mengenai konfigurasi agar tool tersebut bisa digunakan untuk membuka situs yang di blokir operator.
    1. ULTRASURF DAN TOR
    A. ULTRASURF
Ultrasurf merupakan tool portable yang tidak memerlukan instalasi, anda cukup download file ultrasurf kemudian extract dan klik dua kali sehingga muncul tampilan seperti gambar.
Pilih option – centang Do not use IE (jika anda tidak menggunakan internet explorer) – proxy setting.( disini ada 3 pilihan anda bisa memilih salah satunya , bisa di setting secara manual maupun otomatis itu tergantung keinginan anda) – OK. Tunggu sampai status menjadi connected. Setting pada browser anda dan masukkan proxy dan port dari ultrasurf 127.0.0.1 port 9666. Untuk settingan IDM . Options – Proxy/Socks – centang use proxy (masukan proxy 127.0.0.1 dan port 9666) – centang (http/https/ftp) – OK.
    B. TOR
Selain tool ultrasurf, kita juga bisa menggunakan tool TOR untuk konfigurasi hampir sama dengan konfigurasi pada ultrasurf hanya berbeda listen port yang dipakai yaitu 127.0.0.1 port 9051 (type tcp) dan 9051 (type socks)
    2. PUTTY DAN BITVISE(SSH)
Download tool nya
    A. PUTTY
Putty merupakan tool yang berfungsi sebagai tunneling (terowongan) karena kita mengggunakan pihak ketiga saat browsing atau download sehingga bila kta cek ip yang muncul bukan ip provider kita melainkan ip pihak ketiga. Untuk menggunakan tool ini, terlebih dahulu kita harus mempunyai akun ssh yang bisa anda dapatkan baik secara gratis maupun yang bayar. Untuk pembahasan akun ssh akan saya tulis di bagian selannjutnya.
    Anggap saja anda memiliki akun ssh misalkan
    ip : 123.234.345.21
    port : 22
    Username : suherck
    password : 123456
Sekarang kita masukan settingan akun ssh di atas pada putty
Buka putty pilih session masukan ip dan port akun ssh anda, kemudian pilih connection – proxy (pilih none untuk setting automatis jika anda ingin melakukan setting proxy secara manual pilih http/sock sesuai type proxy yang anda gunakan). Masih pada menu connection – SSH – Tunnels (masukan port pada source port agar dapat digunakan untuk browsing misal port :1080) – add - pilih ipv4 – dynamic – OPEN. Setelah anda open akan tampil jendela baru seperti gambar berikut
Untuk login dan password anda masukkan username dan password akun ssh anda. Bila sukses maka untuk bisa browsing setting proxy 127.0.0.1 port 1080 di browser anda pilih sock4 atau sock5.
    B. BITVISE
Selanjutnya saya akan coba jelaskan cara menggunakan Bitvise. Tool ini konfigurasinya lebih mudah dibandingkan putty yaitu hanya memasukan akun ssh milik kita baik yang gratis ataupun bayar, kemudian save dan untuk penggunaan selanjutnya cukup kita load kembali file yang telah kita simpan.
Bila anda menggunakan proxy maka pilih proxy setting dan masukkan ip proxy dan port - centang use proxy. Pada proxy type ada 3 pilihan HTTP/socks4/socks5. Kemudian apply dan ok. Pada tab services centang enabled pada listen interface isi dengan 127.0.0.1 dan listen port misal 1080 lalu save misal 7.tlp atau 7.bscp. setelah itu anda login. setting pada browser anda dengan proxy 127.0.0.1 port 1080 pilih socks4/socks5.
    3. PROXIFIER
Download toolnya Proxifier merupakan tool yang berfungsi untuk mendirect proxy sehingga kita tidak perlu melakukan settingan proxy pada browser. Biasanya proxifier dalam pengunaannya sering digabung dengan tool lain. Sebagai contoh saya menggunakan proxifier versi 2.9. Bila anda akan menggabungkan ultrasuft dan proxifier berikut settingannya :
    Pada proxifier pilih option – advanced – HTTP Traffic - centang redirect HTTP(S) traffic to the following Proxy Server:
masukkan proxy dan port dari ultrasurf seperti gambar
Masih pada tab Option - Centang Proses All except the following + manual Proxified - centang Loopback bisa juga anda menambahkan tool lain pilih add pada new rule ganti namanya misalkan idm kemudian pilih add dan masukkan idm yang telah terinstall di pc/laptop anda - OK.
kemudian pilih Option - Name Resolution - Remotely - Ok.simpan settingan tadi dengan ektensi .prx misal 1.prx
bila settingan anda masih gagal coba download setinggan berikut ultrasuft dan proxifier
    4. VPN
Download Tool VPN Selain tool – tool tadi anda juga bisa menggunakan VPN, kinerjanya tidak jauh berbeda dengan tool tunneling, hanya kita tidak perlu melakukan settingan pada browser. VPN ini juga membutuhkan akun, namun saya akan memberikan VPN yang tidak perlu username password karena gratis. Semoga VPN ini bisa bertahan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar